BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Sarana belajar dan sumber belajar yang sangat banyak akan
mempercepat pengetahuan umat tentang islam. Perkembangan pengetahuan dan
teknologi informasi saat ini sangat menjanjikan bagi anak-anak untuk belajar.
anak yang kreatif dan terampil, ia akan cepat mahir untuk memahami materi
pembelajaran. Di lembaga pendidikan saat ini harus tersedia sarana belajar dan
sumber belajar yang dapat membangkitkan anak untuk belajar. Guru adalah
fasilitator. Ia berperan sebagai pengarah kegiatan anak yang sedang belajar.
Guru harus mahir memilih dan meggunakan sumber belajar, materi belajar, dan
sarana belajar. Materi dan sarana pembelajaran harus menarik bagi anak. Masa
anak adalah masa-masa bermain. Anak akan cepat bosan untuk belajar jika
kegiatan belajar itu tidak menyenangkan. Guru harus mampu menciptakan suasana
yang menyenangkan, menghibur dan mendidik. Sarana pembelajaran menjadi unsur
yang penting dalam proses belajar-mengajar.
Pembelajaran
yang bersifat manual dirasa kurang menarik dan monoton. Kini diperlukan
pembelajaran yang serba digital. Anak diharapkan mampu belajar sendiri tanpa
panduan dari guru pembimbing. Aplikasi yang beredar tentang agama Islam saat
ini sudah banyak , tetapi belum ada yang menyediakan materi pembelajaran
tuntunan sholat yang menarik dan mudah dipelajari. Apabila tuntunan sholat
disajikan dengan animasi dan tampilan yang menarik maka anak-akan makin
tertarik untuk mempelajari tata cara shalat yang baik dan benar.
Pada penyajian tata cara shalat
melalui mediakonvensional seperti Poster atau buku informasi tata
cara gerakan shalatdanbacaan shalat disajikan dalam bentuk gambar dan
tulisan. Proses penyampaian kepada anak-anak usia dini dibantu oleh guru
pembimbingnya. Hal ini menuntut guru pembimbingnya sekreatif mungkin untuk bisa menarik perhatian peserta
didiknya, agar penyampaian informasi yang ada di poster dapat berjalan lebih
optimal sehingga bisalebihdicerna dengan baik, seperti menirukan gerakan shalat
dan membacakan bacaan shalatkepada peserta didik lalu peserta didik
mengulanginya. Cara ini bisa membuat
atensi dari peserta didik sangat kurang
dan membosankan. Hasilnyapenyampaianinformasi yang ingin disampaikan kurang
optimal.
Dari serangkaian ibadah
wajib yang diperintahkan dalam agama Islam, terkadang masyarakat, khususnya
yang kurang memperhatikan makna dari kewajiban-kewajiban tersebut, melaksanakan
ibadah hanya untuk menggugurkan kewajibannya saja. Dengan begitu, nilai yang
terkandung dalam ibadah wajib yang dikerjakan seringkali tidak tersampaikan
dengan baik. Mengingat begitu pentingnya menjalankan ibadah wajib dengan cara
yang benar, maka perlu adanya pendidikan khusus untuk mempelajarinya, baik itu
pendidikan formal maupun non-formal. Untuk pendidikan non-formal di zaman sekarang
ini, seharusnya materi mengenai menjalankan ibadah wajib dapat dengan mudah
didapatkan apalagi pengetahuan mengenai teknologi khususnya di Indonesia sudah
dimiliki kebanyakan masyarakat dari berbagai kalangan. Materi yang dapat
diberikan kepada masyarakat pada zaman sekarang ini salah satunya adalah dengan
multimedia. Perkembangan multimedia di Indonesia sudah sangat pesat, dan
penggunanya pun sudah mencakup berbagai kalangan. Dari fenomena tersebut,
penulis memanfaatkan multimedia untuk membangun sebuah aplikasi simulasi ibadah
wajib, dengan mengangkat salah satu topiknya yaitu Shalat, dengan menggunakan
multimedia interaktif. Dengan adanya simulasi ini, diharapkan dapat memberikan
kemudahan bagi pengguna untuk mempelajari tata cara dalam melaksanakan ibadah
wajib terutama Shalat. Simulasi ini juga akan dilengkapi dengan ganbar,suara
serta video tuntunan shalat, sehingga akan memudahkan pengguna untuk
menghafalkan bacaan-bacaan dalam Shalat.
Bertitik tolak dari
permasalahan tersebut, penulis akan merancang “Aplikasi tuntunan shalat berupa
animasi yang menampilkan simulasi gerakan shalat yang juga dilengkapi dengan
audio dari bacaan shalat dan vedio tentang shalat. Elemen visual dan audio yang
digabungkan dalam media ini diharapkan mampu mengoptimalkan penyampaianinformasi
yang ingin disampaikan. Hal tersebut
sesuai dengan pendapat yang mengatakan
bahwa “istilah desain dapat diartikan sebagai hasil karya manusia yang harus
dapat berfungsi untuk memecahkan masalah serta memudahkan kerja masyarakat
penggunanya
Dengan adanya aplikasi
ini diharapkan dapat memberi manfaat dan pengetahuan bagi anak tentang tuntunan
shalat yang benar dan tidak hanya bersifat untuk mendidik tetapi juga menghibur
dengan adanya animasi dan gambar -gambar serta audio bacaan dalam shalat, agar
anak tidak cepat jenuh dalam belajar sebagai sarana belajar mandiri anak.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah
yang
diambil adalah Bagaimana merancang Aplikasi tuntunan shalat
berbasis multimedia dengan Macromedia Flash Mx
1.3 Batasan Masalah
Dalam pembuatan simulasi ini, penulis
akan memberikan beberapa batasan masalah, diantaranya adalah :
1.
Tuntunan
shalat antara lain:
a.
Aplikasi
ini menjelaskan tatacara shalat wajib,
b.
Shalat
fardu kifayah
c.
Shalat
sunnah traweh,witir
d.
Shalat
sunnah duha,
e.
Shalat
sunnah tahjjud
f.
Shalat
sunnah qabliyah dan ba’diayah.
2.
Pengguna
ideal untuk simulasi ini adalah pengguna yang berumur antara 8 (delapan) hingga
16 (enam belas) tahun dengan asumsi pada umur tersebut pengguna sudah mampu
menggunakan komputer.
3.
Sasaran
utama dari aplikasi tuntunan shalat berbasis multimedia ini adalah anak usia
dini
1.4 Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk
membuat suatu aplikasi berbasis multimedia yang dapat memfasilitasi umat dalam
mempelajari tata cara shalat,khususmya umat islam yang sudah memiliki dasar
pengetahuan agama Islam
1.5 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penyusuna skripsi ini
adalah sebagai berikut
1.5.1
Bagi Masyarakat
1.
Membantu khususnya umat islam dalam
mempelajari cara shalat yang baik dan benar
2.
Mempermudah
umat agar dapat mempelajarinya dengan langsung menyaksikan dan mendengarkan
cara dari setiap gerakan shalat serta bacaan-bacaannya
3.
Mengajak
umat islam agar lebih menghayati makana shalat dari setiap gerakan dan
bacaannya,sehingga melaksanakan shalat tidak hanya dijadikan sebatas
menggugurkan kewajiban saja
1.5.2
Bagi Penulis
1.
Dapat menambah wawasan tentang hal-hal baru
yang selama ini belum diketahui oleh penulis,seperti: mengetahui kebutuhan
masyarakat akan metode pembelajarab yang dapat memberikan
kemudahan-kemudahan,mengetahui fungsi dan penerapan ilmu multimedia yang telah
didapat selama masa perkuliahan terutama pada bidang dakwah,multimedia sangat efektif
untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien
2.
Dapat
menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh selama kuliah guna memberikan solusi atas
persoalan yang terjadi di masyarakat.
1.5.3
Bagi Kampus
1.
Bengetaui
kemampuan mahasiswa dalam menguasai materi baik teori maupun praktek yang telah
diperoleh selama kuliah
2.
Mengetahui
kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmunya dan sebagai bahan evaluasi.
1.6 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dalam
pembuatan Tugas Akhir ini terdiri beberapa bagian, antara
lain :
BAB
I : PENDAHULUAN
Pada pendahuluan
diberikan gambaran umum tentang laporan yang berisikan :
Latar Belakang Masalah,Rumusan
Masalah,Batasan Masalah,Tujuan Penelitian,Manfaat Penelitian,Metodologi
Penelitian,Sistematika Penulisan
BAB
II : KAJIAN PUSTAKA
Kajian pustaka dalam Bab II adalah terdiri dari kerangka teori yang mendukung
dalam penulisan skripsi ini yang terdiri dari pengenalan multimedia, pengenalan
Flash, dan Aplikasi Tuntunan Shalat Berbasis Multimedia Dengan Macromedia Flash
Mx
BAB
III : DESAIN DAN PERANCANGAN
Bab ini memuat tentang analisa kebutuhan dalam pembuatan aplikasi
tuntunan sholat berbasis multimedia , desain dan perancangan Interaktif yang
dibuat.
BAB
IV : IMPLEMENTASI DAN ANALISA
Pada bab ini terdiri
dari implementasi aplikasi beserta evaluasinya.
BAB
V : PENUTUP
Penutup memuat
kesimpulan dari hasil penelitian atau implementasi sistem dan saran yang
diperoleh dari kesimpulan tersebut.
DAFTAR
PUSTAKA
Daftar pustaka memuat
pustaka yang digunakan sebagai acuan
dalam pembuatan laporan Tugas Akhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar