Laman

Sabtu, 19 April 2014

sekripsi Teknik infomatika aly mufa


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Sarana belajar dan  sumber belajar yang sangat banyak akan mempercepat pengetahuan umat tentang islam. Perkembangan pengetahuan dan teknologi informasi saat ini sangat menjanjikan bagi anak-anak untuk belajar. anak yang kreatif dan terampil, ia akan cepat mahir untuk memahami materi pembelajaran. Di lembaga pendidikan saat ini harus tersedia sarana belajar dan sumber belajar yang dapat membangkitkan anak untuk belajar. Guru adalah fasilitator. Ia berperan sebagai pengarah kegiatan anak yang sedang belajar. Guru harus mahir memilih dan meggunakan sumber belajar, materi belajar, dan sarana belajar. Materi dan sarana pembelajaran harus menarik bagi anak. Masa anak adalah masa-masa bermain. Anak akan cepat bosan untuk belajar jika kegiatan belajar itu tidak menyenangkan. Guru harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan, menghibur dan mendidik. Sarana pembelajaran menjadi unsur yang penting dalam proses belajar-mengajar.
            Pembelajaran yang bersifat manual dirasa kurang menarik dan monoton. Kini diperlukan pembelajaran yang serba digital. Anak diharapkan mampu belajar sendiri tanpa panduan dari guru pembimbing. Aplikasi yang beredar tentang agama Islam saat ini sudah banyak , tetapi belum ada yang menyediakan materi pembelajaran tuntunan sholat yang menarik dan mudah dipelajari. Apabila tuntunan sholat disajikan dengan animasi dan tampilan yang menarik maka anak-akan makin tertarik untuk mempelajari tata cara shalat yang baik dan benar.
            Pada penyajian tata cara shalat melalui mediakonvensional seperti Poster atau buku informasi  tata  cara gerakan shalatdanbacaan shalat disajikan dalam bentuk gambar dan tulisan. Proses penyampaian kepada anak-anak usia dini dibantu oleh guru pembimbingnya. Hal ini menuntut guru pembimbingnya sekreatif mungkin  untuk bisa menarik perhatian peserta didiknya, agar penyampaian informasi yang ada di poster dapat berjalan lebih optimal sehingga bisalebihdicerna dengan baik, seperti menirukan gerakan shalat dan membacakan bacaan shalatkepada peserta didik lalu peserta didik mengulanginya.  Cara ini bisa membuat atensi dari peserta didik  sangat kurang dan membosankan. Hasilnyapenyampaianinformasi yang ingin disampaikan kurang optimal.
Dari serangkaian ibadah wajib yang diperintahkan dalam agama Islam, terkadang masyarakat, khususnya yang kurang memperhatikan makna dari kewajiban-kewajiban tersebut, melaksanakan ibadah hanya untuk menggugurkan kewajibannya saja. Dengan begitu, nilai yang terkandung dalam ibadah wajib yang dikerjakan seringkali tidak tersampaikan dengan baik. Mengingat begitu pentingnya menjalankan ibadah wajib dengan cara yang benar, maka perlu adanya pendidikan khusus untuk mempelajarinya, baik itu pendidikan formal maupun non-formal. Untuk pendidikan non-formal di zaman sekarang ini, seharusnya materi mengenai menjalankan ibadah wajib dapat dengan mudah didapatkan apalagi pengetahuan mengenai teknologi khususnya di Indonesia sudah dimiliki kebanyakan masyarakat dari berbagai kalangan. Materi yang dapat diberikan kepada masyarakat pada zaman sekarang ini salah satunya adalah dengan multimedia. Perkembangan multimedia di Indonesia sudah sangat pesat, dan penggunanya pun sudah mencakup berbagai kalangan. Dari fenomena tersebut, penulis memanfaatkan multimedia untuk membangun sebuah aplikasi simulasi ibadah wajib, dengan mengangkat salah satu topiknya yaitu Shalat, dengan menggunakan multimedia interaktif. Dengan adanya simulasi ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mempelajari tata cara dalam melaksanakan ibadah wajib terutama Shalat. Simulasi ini juga akan dilengkapi dengan ganbar,suara serta video tuntunan shalat, sehingga akan memudahkan pengguna untuk menghafalkan bacaan-bacaan dalam Shalat.
Bertitik tolak dari permasalahan tersebut, penulis akan merancang “Aplikasi tuntunan shalat berupa animasi yang menampilkan simulasi gerakan shalat yang juga dilengkapi dengan audio dari bacaan shalat dan vedio tentang shalat. Elemen visual dan audio yang digabungkan dalam media ini diharapkan mampu mengoptimalkan penyampaianinformasi yang ingin disampaikan.  Hal tersebut sesuai dengan  pendapat yang mengatakan bahwa “istilah desain dapat diartikan sebagai hasil karya manusia yang harus dapat berfungsi untuk memecahkan masalah serta memudahkan kerja masyarakat penggunanya
Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memberi manfaat dan pengetahuan bagi anak tentang tuntunan shalat yang benar dan tidak hanya bersifat untuk mendidik tetapi juga menghibur dengan adanya animasi dan gambar -gambar serta audio bacaan dalam shalat, agar anak tidak cepat jenuh dalam belajar sebagai sarana belajar mandiri anak.

1.2  Rumusan Masalah
            Berdasarkan  latar belakang  di atas, maka perumusan  masalah  yang
diambil adalah  Bagaimana merancang Aplikasi tuntunan shalat berbasis multimedia dengan Macromedia Flash Mx

1.3  Batasan Masalah
            Dalam pembuatan simulasi ini, penulis akan memberikan beberapa batasan masalah, diantaranya adalah :
1.      Tuntunan shalat antara lain:
a.       Aplikasi ini menjelaskan tatacara shalat wajib,
b.      Shalat fardu kifayah
c.       Shalat sunnah traweh,witir
d.      Shalat sunnah duha,
e.       Shalat sunnah tahjjud
f.       Shalat sunnah qabliyah dan ba’diayah.
2.      Pengguna ideal untuk simulasi ini adalah pengguna yang berumur antara 8 (delapan) hingga 16 (enam belas) tahun dengan asumsi pada umur tersebut pengguna sudah mampu menggunakan komputer.
3.      Sasaran utama dari aplikasi tuntunan shalat berbasis multimedia ini adalah anak usia dini

1.4  Tujuan Penelitian
            Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi berbasis multimedia yang dapat memfasilitasi umat dalam mempelajari tata cara shalat,khususmya umat islam yang sudah memiliki dasar pengetahuan agama Islam

1.5  Manfaat Penelitian
            Manfaat dari penyusuna skripsi ini adalah sebagai berikut
1.5.1        Bagi Masyarakat
1.           Membantu khususnya umat islam dalam mempelajari cara shalat yang baik dan benar
2.          Mempermudah umat agar dapat mempelajarinya dengan langsung menyaksikan dan mendengarkan cara dari setiap gerakan shalat serta bacaan-bacaannya
3.          Mengajak umat islam agar lebih menghayati makana shalat dari setiap gerakan dan bacaannya,sehingga melaksanakan shalat tidak hanya dijadikan sebatas menggugurkan kewajiban saja

1.5.2        Bagi Penulis
1.       Dapat menambah wawasan tentang hal-hal baru yang selama ini belum diketahui oleh penulis,seperti: mengetahui kebutuhan masyarakat akan metode pembelajarab yang dapat memberikan kemudahan-kemudahan,mengetahui fungsi dan penerapan ilmu multimedia yang telah didapat selama masa perkuliahan terutama pada bidang dakwah,multimedia sangat efektif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien
2.      Dapat menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh selama kuliah guna memberikan solusi atas persoalan yang terjadi di masyarakat.

1.5.3        Bagi Kampus
1.      Bengetaui kemampuan mahasiswa dalam menguasai materi baik teori maupun praktek yang telah diperoleh selama kuliah
2.      Mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmunya dan sebagai bahan evaluasi.


1.6  Sistematika Penulisan
            Sistematika penulisan dalam pembuatan  Tugas  Akhir ini terdiri beberapa bagian, antara lain :
BAB I : PENDAHULUAN
Pada pendahuluan diberikan gambaran umum tentang laporan yang berisikan :
Latar Belakang Masalah,Rumusan Masalah,Batasan Masalah,Tujuan Penelitian,Manfaat Penelitian,Metodologi Penelitian,Sistematika Penulisan
BAB II : KAJIAN PUSTAKA
Kajian pustaka dalam Bab II adalah  terdiri dari kerangka teori yang mendukung dalam penulisan skripsi ini yang terdiri dari pengenalan multimedia, pengenalan Flash, dan Aplikasi Tuntunan Shalat Berbasis Multimedia Dengan Macromedia Flash Mx
BAB III : DESAIN DAN PERANCANGAN
Bab ini memuat  tentang analisa kebutuhan dalam pembuatan aplikasi tuntunan sholat berbasis multimedia , desain dan perancangan Interaktif yang dibuat.
BAB IV : IMPLEMENTASI DAN ANALISA
Pada bab ini terdiri dari implementasi aplikasi beserta evaluasinya.
BAB V : PENUTUP
Penutup memuat kesimpulan dari hasil penelitian atau implementasi sistem dan saran yang diperoleh dari kesimpulan tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka memuat pustaka yang digunakan sebagai  acuan dalam pembuatan laporan Tugas Akhir.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar